aceh lon sayang

Minggu, 30 Oktober 2011

inveksi


BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
A.  Pencegahan Infeksi
1.    Pengertian
Pencegahan infeksi adalah bagian esensial dari asuhan lengkap yang diberikan kepada ibu dan bayi baru lahir dan harus dilaksanakan secara rutin pada saat menolong persalinan dan kelahiran, saat memberikan asuhan dasar selama kunjungan antenatal atau pasca persalinan/bayi baru lahir atau saat menatalaksanaan penyulit. Tindakan ini harus ditetapkan dalam setiap aspek asuhan untuk melindungi ibu, bayi baru lahir, keluarga, penolong persalinan dan tenaga kesehatan lainnya. Juga upaya-upaya menurunkan resiko terjangkit atau terinfeksi mikroorganisme yang menimbulkan penyakit-penyakit berbahaya (Depkes RI, 2004).
2.    Prinsip-Prinsip Pencegahan Infeksi
Pencegahan infeksi yang efektif didasarkan pada prinsip-prinsip berikut:
a.    Setiap orang (ibu,bayi baru lahir, penolong persalinan) harus dianggap dapat menularkan penyakit karena infeksi yang terjadi bersifat asimptomatik (tanpa gejala).
b.    Setiap orang harus dianggap berisiko terkena infeksi.
c.    Permukaan tempat pemeriksaan, peralatan dan benda-benda lain yang akan dan telah bersentuhan dengan kulit tak utuh/selaput mukosa atau darah, harus dianggap terkontaminasi sehinnga setelah selesai digunakan harus dilakukan proses pencegahan infeksi secara benar.
d.   Jika tidak diketahui apakah permukaan, peralatan atau benda lainnya telah dip roses dengan benar, harus dianggap telah terkontaminasi.
e.    Resiko infeksi tidak bias dihilangkan secara total, tapi dapat dikurangi hingga sekecil mungkin dengan menerapkan tindakan-tindakan pencegahan infeksi yang benar dan konsisten (Depkes RI, 2004).

B.  Penatalaksanan  Pencegahan Infeksi
Ada beberapa praktek pencegahan infeksi yang membantu mencegah mikroorganime berpindah dari satu individu ke individu lainnya (ibu, bayi baru, dan para penolong persalinan) dan menyebabkan infeksi, penatalaksanaan pencegahan infeksi antara lain sebagai berikut:
1.    Cuci tangan
Cuci tangan adalah prosedur yang paling penting dari pencegahan penyebaran infeksi yang menyebabkan kesakitan dan kematian ibu dan bayi baru lahir. Prosedur cuci tangan antara lain:
a.    Lepaskan perhiasan ditangan dan pergelangan.
b.    Basihi tangan dengan air bersih dan mengalir.
c.     

           

0 komentar:

Posting Komentar